SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah Microteaching
Dosen: Drs. R. Ading Pramadi, MS
Oleh:
NAZLA RAHMI FATIMAH
NIM: 12092060242
Prodi Pendidikan Biologi /A/V
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang mungin terjadi, serta implkasinnya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar :3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur , fungsi, dan proses serta kelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem eksresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses dalam sistem ekskresi manusia
2. Mengidentifikasi kelainan atau gangguan yang terjadi pada system skskresi
Adapun karakter yang dapat dibentuk setelah mempelajari materi ini adalah:
· Rasa ingin tahu, berpikir kritis dan komunikatif.
· Berpikir kritis, kreatif, cermat dan cepat tanggap.
C. Materi Pembelajaran
SISTEM EKSKRESI
Alat-alat tubuh yang berfungsi dalam proses ekskresi termasuk dalam sistem ekskresi. Sisa metabolisme karbohidrat dan lemak menghasilkan CO2 dan H2O, sisa metabolisme protein berupa amino, NH3, Urea, dan asam urat. Contoh alat tubuh manusia yang dapat mengekskresikan sisa metabolisme adalah paru-paru, hati, kulit dan ginjal.
1. GINJAL
Alat tubuh yang mempunyai fungsi spesifik untuk ekskresi sisa metabolism yang mengandung nitrogen adalah ginjal.
a. Struktur dan Fungsi Ginjal Manusia
Ginjal atau ren berbentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah dan berwarna merah keunguan. Ginjal sebelah kiri terletak agak lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan.
Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya.
b. Proses Pembentukan Urin
Proses pembentuka urin dalam ginjal dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu filtrasi (penyaringan), raebsorpsi (penyerapan kembali), dan augumentasi (pengeluaran zat).
· Filtrasi (Penyaringan)
· Reabsorpsi (Penyerapan Kembali)
· Augumentasi (Pengeluaran Zat)
c. Hal-hal Yang Mempengaruhi Kerja Urin
· Hormon Anti Diuretic
· Jumlah air yang diminum
· Saraf
· Banyak sedikitnya hormone insulin
· Suhu
d. Kelainan Pada Ginjal
Ginjal manusia dapat mengalami ganggan dan kelainan, antara lain karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas bentuk ginjal, atau pembentukkan batu ginjal. Kelainan dan gangguan fungsi ginjal antara lain sebagai berikut:
· Nefritis
Nefritis adalah glumerulus ginjal akibat alergi racun kuman, biasanya disebabkan oleh bakteri Sterptococcus.
· Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantong kemih
· Albuminuria
Albuminaria adalah ditemukannya albumin pada urin. Adanya albumin merupan indikasi adanya kerusakan pada membrane kapsul endothelium.
· Glikosuria
Glikosuria adalah adanya glukosa pada uirn
· Hematuria
Hematuria dalah ditemukannya sel daran merah dalam urin
· Ketosis
Ketosis adalah ditemukannya senyawa keton di dalam darah
· Diabetes Melitus
Diabetes mellitus adalah penyakit yang muncul karena pancreas tidak menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit sekali insulin.
2. PARU-PARU
3. HATI
4. KULIT
D. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran
Cooperative Learning (CL)
2. Metode pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
d. Penugasan
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pert. | Kegiatan | Alokasi Waktu |
7 | 1. Kegiatan Awal (Pendahuluan) a. Menyapa seluruh siswa dikelas dan mengkondisikan suasana kelas untuk memulai pembelajaran serta mengecek kehadiran siswa. b. Prasyarat pengetahuan : siswa telah memahami keterkaitan materi Sistem Ekskresi dengan materi sebelumnya yaitu Sistem Pernafasan c. Menyampaikan tujuan pembelajaran d. Motivasi : 1. Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi pada manusia ? 2. Apa yang di Keluarkan oleh organ-organ pada Sistem Ekskresi? | 3’ |
2. Kegiatan Inti a. Eksplorasi Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan pengertian dari sistem ekskresi (berpikir kritis dan cermat) Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari (Rasa ingin tahu dan cepat tanggap) b. Elaborasi 1) Guru menjelaskan struktur dan fungsi ginjal secara keseluruhan (Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis) 2) Guru menjelaskan pembentukkan urin dan hal-hal yang mempengaruhi kerja urin (Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis) 3) Guru meminta siswa mendiskusikan kelainan-kelainan yang terjadi pada ginjal (Berpikir kritis, komunikatif, tanggung jawab, cermat dan cepat tanggap) 4) Guru menjelaskan kembali kelainan yang terjadi ada ginjal (Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis) 5) Guru meminta siswa menyebutkan kembali struktur ginjal dengan menyuruh beberapa siswa untuk maju ke depan kelas (Berpikir kritis, komunikatif, tanggung jawab, cermat dan cepat tanggap) c. Konfirmasi 1) Menguatkan beberapa pendapat siswa mengenai pengertian sistem ekskresi. (Rasa ingin tahu dan peduli sosial) 2) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan dan meluruskan kesalahan pemahaman. (Berpikir kritis, disiplin, komunikatif, cermat dan peduli sosial) | 14’ | |
3. Kegiatn Akhir (Penutup) Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan Guru memberi soal latihan Guru menutup dengan salam | 3’ |
F. Penilaian
a. Penilaian sikap
b. Tes tertulis
c. Penugasan
G. Penilaian Hasil Belajar
1. Kognitif
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Kunci Jawaban | Skor Penilaian | ||
Teknik | Bentuk | Soal | |||
1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem ekskresi 2. Menjelaskan kelainan pada ginjal | Tertulis | Uraian | 1) Apa yang dimaksud dengan sistem ekskresi? 2) Sebutkan alat-alat ekskresi pada manusia? 3) Jelaskan dengan singkat struktur dari ginjal manusia? 4) Apakah fungsi utama Ginjal?Jelaskan! 5) Sebutkan 6 kelainan yang terjadi pada ginjal? | 1) Sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zati sisa hasil metabolism yang sudah tidak diperlukan lag oleh tubuh 2) Ginjal, Paru-paru, kulit dan hati 3) Struktur Ginjal Manusia Ginjal atau ren berbentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah dan berwarna merah keunguan. Ginjal sebelah kiri terletak agak lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan 4) Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya. 5) Ketosis, Nefritis, Batu Ginjal, Albuminuria, Glikosuria, Hematuria. | 20 15 30 20 15 |
Pedoman Penskoran
· Skor maksimal = 25+15+30+15+25=100
· Nilai siswa = Jumlah skor siswa x 100
Skor maksimal
H. Sumber dan Media Pembelajaran:
Buku Biologi D.A Pratiwi dkk.2006.Biologi Untuk SMA kelas XI bab 7. Erlangga.
Media : Poster
Bandung, 5 November 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. R. Ading Pramadi, M.S Nazla Rahmi Fatimah
NIP. 196003241984031002 NIM. 1209206042
Theresa Caputo's $200M New Hotel and Casino is - JSHub
BalasHapusTheresa Caputo's $200 million new hotel and casino is the 전주 출장샵 fourth largest in downtown 영주 출장마사지 Las 김포 출장마사지 Vegas with nearly 경주 출장샵 2,000 guest rooms and suites 의정부 출장샵