Sabtu, 05 November 2011

RPP SISTEM EKSKRESI


SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Kuliah Microteaching

Dosen: Drs. R. Ading Pramadi, MS








Oleh:
NAZLA RAHMI FATIMAH
NIM: 12092060242





Prodi Pendidikan Biologi /A/V
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    Identitas
Nama Sekolah                : SMA
Mata Pelajaran               : BIOLOGI
Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas/Semester               : XI/2
Alokasi Waktu               : 1 x 20 menit
Standar Kompetensi      : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang mungin terjadi, serta implkasinnya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar          :3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur , fungsi, dan proses serta kelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem eksresi  pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)


B.     Tujuan Pembelajaran 
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses dalam sistem ekskresi manusia
2.      Mengidentifikasi kelainan atau gangguan yang terjadi pada system skskresi
Adapun karakter yang dapat dibentuk setelah mempelajari materi ini adalah:
·      Rasa ingin tahu, berpikir kritis dan komunikatif.
·      Berpikir kritis, kreatif, cermat dan cepat tanggap.

C.    Materi Pembelajaran
SISTEM EKSKRESI
Alat-alat tubuh yang berfungsi dalam proses ekskresi termasuk dalam sistem ekskresi. Sisa metabolisme karbohidrat dan lemak menghasilkan CO2 dan H2O, sisa metabolisme protein berupa amino, NH3, Urea, dan asam urat. Contoh alat tubuh manusia yang dapat mengekskresikan sisa metabolisme adalah paru-paru, hati, kulit dan ginjal.


1.      GINJAL
Alat tubuh yang mempunyai fungsi spesifik untuk ekskresi sisa metabolism yang mengandung nitrogen adalah ginjal.
a.       Struktur dan Fungsi Ginjal Manusia
 







Ginjal atau ren berbentuk seperti biji buah kacang merah  (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah dan berwarna merah keunguan. Ginjal sebelah kiri terletak agak lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan.
Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya.
b.      Proses Pembentukan Urin
Proses pembentuka urin dalam ginjal dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu filtrasi (penyaringan), raebsorpsi (penyerapan kembali), dan augumentasi (pengeluaran zat). 
·      Filtrasi (Penyaringan)
·      Reabsorpsi (Penyerapan Kembali)
·      Augumentasi (Pengeluaran Zat)
c.       Hal-hal Yang Mempengaruhi Kerja Urin
·      Hormon Anti Diuretic
·      Jumlah air yang diminum
·      Saraf
·      Banyak sedikitnya hormone insulin
·      Suhu

d.      Kelainan Pada Ginjal
Ginjal manusia dapat mengalami ganggan dan kelainan, antara lain karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas bentuk ginjal, atau pembentukkan batu ginjal. Kelainan dan gangguan fungsi ginjal antara lain sebagai berikut:
·         Nefritis
Nefritis adalah glumerulus ginjal akibat alergi racun kuman, biasanya disebabkan oleh bakteri Sterptococcus.
·         Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantong kemih
·         Albuminuria
Albuminaria adalah ditemukannya albumin pada urin. Adanya albumin merupan indikasi adanya kerusakan pada membrane kapsul endothelium.
·         Glikosuria
Glikosuria adalah adanya glukosa pada uirn
·         Hematuria
Hematuria dalah ditemukannya sel daran merah dalam urin
·         Ketosis
Ketosis adalah ditemukannya senyawa keton di dalam darah
·         Diabetes Melitus
Diabetes mellitus adalah penyakit yang muncul karena pancreas tidak menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit sekali insulin.
2.      PARU-PARU
3.      HATI
4.      KULIT

D.    Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran
Cooperative Learning (CL)
2.      Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Tanya Jawab
c.       Diskusi
d.      Penugasan

E.     Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pert.
Kegiatan
Alokasi Waktu
7
1.      Kegiatan Awal (Pendahuluan)
a.       Menyapa seluruh siswa dikelas dan mengkondisikan suasana kelas untuk memulai pembelajaran serta mengecek kehadiran siswa.
b.      Prasyarat pengetahuan : siswa telah memahami keterkaitan materi Sistem Ekskresi dengan materi sebelumnya yaitu Sistem Pernafasan
c.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Motivasi :
1.   Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi pada manusia ?
2.   Apa yang di Keluarkan oleh organ-organ pada Sistem Ekskresi?

3’
2.      Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan pengertian dari sistem ekskresi (berpikir kritis dan cermat)
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
(Rasa ingin tahu dan cepat tanggap)

b.      Elaborasi
1)   Guru menjelaskan struktur dan fungsi ginjal secara keseluruhan
(Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis)
2)   Guru menjelaskan pembentukkan urin dan hal-hal yang mempengaruhi kerja urin
(Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis)
3)   Guru meminta siswa mendiskusikan kelainan-kelainan yang terjadi pada ginjal
(Berpikir kritis, komunikatif, tanggung jawab, cermat dan cepat tanggap)
4)   Guru menjelaskan kembali kelainan yang terjadi ada ginjal
(Rasa ingin tahu, peduli sosial dan berpikir kritis)
5)   Guru meminta siswa menyebutkan kembali struktur ginjal dengan menyuruh beberapa siswa untuk maju ke depan kelas
(Berpikir kritis, komunikatif, tanggung jawab, cermat dan cepat tanggap)

c.       Konfirmasi
1)      Menguatkan beberapa pendapat siswa mengenai pengertian sistem ekskresi.
(Rasa ingin tahu dan peduli sosial)
2)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan dan meluruskan kesalahan pemahaman.
(Berpikir kritis, disiplin, komunikatif, cermat dan peduli sosial)

14’
3.      Kegiatn Akhir (Penutup)
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan
Guru memberi soal latihan
Guru menutup dengan salam
3’

F.     Penilaian
a.    Penilaian sikap
b.    Tes tertulis
c.    Penugasan

G.    Penilaian Hasil Belajar
1.    Kognitif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Kunci Jawaban
Skor
Penilaian
Teknik
Bentuk
Soal
1.    Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem ekskresi
2.    Menjelaskan kelainan pada ginjal
Tertulis
Uraian
1)      Apa yang dimaksud dengan sistem ekskresi?
2)      Sebutkan alat-alat ekskresi pada manusia?
3)      Jelaskan dengan singkat struktur dari ginjal manusia?
4)      Apakah fungsi utama Ginjal?Jelaskan!
5)      Sebutkan 6 kelainan yang terjadi pada ginjal?

1)   Sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zati sisa hasil metabolism yang sudah tidak diperlukan lag oleh tubuh
2)   Ginjal, Paru-paru, kulit dan hati
3)   Struktur Ginjal Manusia
Ginjal atau ren berbentuk seperti biji buah kacang merah  (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah dan berwarna merah keunguan. Ginjal sebelah kiri terletak agak lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan
4)      Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya.
5)   Ketosis, Nefritis, Batu Ginjal, Albuminuria,  Glikosuria, Hematuria.



20







15


30




















20













15


Pedoman Penskoran
·         Skor maksimal          = 25+15+30+15+25=100
·         Nilai siswa                = Jumlah skor siswa x 100
Skor maksimal

H.    Sumber dan Media Pembelajaran:
Buku Biologi D.A Pratiwi dkk.2006.Biologi Untuk SMA kelas XI bab 7. Erlangga.
Media : Poster


Bandung, 5 November 2011
Mengetahui,                                              
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                  

Drs. R. Ading Pramadi, M.S                                                       Nazla Rahmi Fatimah
NIP. 196003241984031002                                                          NIM. 1209206042

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar